Cara Membedakan Ponsel Android Palsu

Posted on

Cara Membedakan Ponsel Android Palsu – Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, tidak sedikit orang yang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Bahkan industri smartphone pun tak lepas dari penipuan. Banyak industri mengklaim bahwa produk mereka adalah smartphone berbasis Android, tetapi fakta berkata lain.

Produk Android palsu tidak hanya merugikan konsumen, tetapi juga merugikan produsen Android asli.

Oleh karena itu, jadilah konsumen yang cerdas dan pahami perbedaan antara Android asli dan palsu.

Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa cara untuk memeriksa apakah ponsel Android itu asli atau palsu.

Hal ini sebagai bentuk kepedulian agar tidak ada lagi yang menjadi korban ponsel Android palsu akibat penipuan oleh produsen yang tidak bertanggung jawab.

Cara Membedakan Ponsel Asli dan Palsu

Cara Membedakan Ponsel Android Asli atau Palsu

Ada beberapa cara untuk mengecek keaslian Android di smartphone, seperti mengecek bentuk fisiknya, nomor IMEI-nya, mengecek melalui aplikasi CPU-z atau AIDA, menggunakan AnTuTu Benchmark, dan juga mempertimbangkan harganya.

Dengan begitu, Anda tidak akan terkecoh dengan smartphone Android palsu yang kini sudah beredar di pasaran.

Nah, berikut tips cara membedakan HP Android asli atau replika.

Lihat juga: Perbedaan Android dan iOS

1. Cek IMEI

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan panggilan, tekan * # 06 # lalu panggil, akan muncul serangkaian nomor, yaitu nomor ponsel Anda.

Jika ponsel menggunakan dual SIM, maka akan memiliki 2 IMEI, maka Anda juga dapat memeriksa nomor IMEI yang ada di bodi belakang ponsel android.

Jika Anda sudah mengetahui nomor IMEI, Anda bisa mengeceknya di website berikut.

Copy atau ketik nomor IMEI yang muncul tadi, terserah kalian mau lihat di dusbook di dial android, atau di hp android.

Kemudian anda akan menemukan informasi tentang hp android anda, pastikan informasi tersebut benar dan sesuai dengan spek yang tertera baik dari box maupun bukunya,

2. Periksa dan Bandingkan Spesifikasi HP

Nah cara yang ketiga ini tentunya lebih mudah untuk dilakukan, ketika HP Android yang kamu beli di outlet atau dealer resmi sudah pasti sobat HP asli.

Nah jika anda membeli di counter biasa yang mungkin merupakan replika, untuk menghindarinya anda bisa mengetahui spesifikasinya.

Tentu saja guys, ketika ponsel asli lebih baik daripada ponsel replika, tujuan dari replika adalah untuk memalsukannya menggunakan spesifikasi ponsel asli di bawah ini.

Tentunya hp saya akan sangat jauh dari perbandingan performa hp aslinya,

Berdasarkan perbandingan, kami menemukan sejumlah penyimpangan, yaitu ketika status bar ponsel android asli dengan yang palsu berbeda.

Untuk mengetahuinya Anda dapat mengetahui jenis CPU/prosesor ponsel Anda menggunakan aplikasi CPU Z di ponsel android Anda.

Selanjutnya tinggal bandingkan yang muncul dengan informasi spesifikasi di internet, jadi kalau sama berarti asli dan kalau tidak sama berarti salah.

3. Periksa KIES / SUITE

Selanjutnya anda bisa cek KIES, caranya adalah dengan call/call dengan menekan kode *#0*# maka akan muncul hasil, jika test mode asli akan muncul dan palsu tidak.

Anda juga dapat menghubungkan Android ke KOMPUTER (pakaian USB). Selanjutnya Anda mengunduh suite aplikasi untuk ponsel android Anda.

Misal di hp lenovo, lalu anda cari di google untuk mendownload lenovo suite computer maka akan muncul hasil. Anda dapat mengunduhnya.

Selanjutnya install aplikasi tersebut di KOMPUTER anda, setelah terkoneksi dan aplikasi terinstal, kemudian buka aplikasi tersebut.

Jika memang asli maka kies/kode akan terdeteksi dan sesuai dengan yang tertera, sedangkan di hp KW tidak ada.

Sangat jelas perbedaannya terlihat sangat mencolok saat kita mengenalnya lebih jauh.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Android Bootloop

4. Uji Kamera

Pemeriksaan ini juga membutuhkan bantuan komputer, Anda mencoba untuk mengambil gambar dari sekitar Anda dengan ponsel android Anda.

Selanjutnya Anda menghubungkan Android dengan KOMPUTER (dengan USB) jika Anda telah membuka folder dari KOMPUTER di ponsel Android.

Jika sudah menemukan fotonya, klik kanan pada foto > Klik klik > Properties > Klik Ringkasan > Klik lanjutan.

Anda dapat memperhatikan bagian Model Kamera dan Pembuatan Peralatan, sehingga Anda dapat melihatnya dari model ponsel Anda.

5. Periksa OS

Selanjutnya anda bisa membandingkan sistem operasi Android anda, caranya cukup mudah, klik menu Setting > About Phone > Android Version.

Nah, jika ternyata Anda mencoba untuk mengecek spesifikasi yang digunakan oleh merk dan tipe ponsel Android di internet, bandingkan apakah sudah pasti sama.

Namun tidak semuanya seperti itu, pastikan Anda sudah mengecek langkah-langkah sebelumnya.

Lihat juga: Cara Mengirim Aplikasi Android

Penutup

Demikian artikel kami tentang Cara Membedakan ponsel Android Asli atau Palsu (Replika/Super Copy), semoga dapat membantu anda dalam memilih Hp asli atau palsu.

Sekian dari kami. Sampai jumpa lagi di artikel kami selanjutnya. Terima kasih.