Cara Membuat Channel di Instagram IGTV (TUTORIAL LENGKAP)

Posted on

Pada postingan kali ini, kami akan memberikan tutorial lengkap tentang bagaimana Cara Membuat Channel Instagram IGTV.

Instagram baru-baru ini meluncurkan layanan video baru bernama IGTV, yang berarti Instagram TV. Misalnya dalam pertanyaan, layanan memungkinkan Anda untuk berbagi video dengan pengguna Instagram lain. Tapi yang membedakan IGTV dari video biasa di Instagram adalah durasinya.

Video di IGTV lebih panjang dari video Instagram biasa. Kurang lebih 10 menit sampai 1 jam. IGTV memungkinkan kreator untuk lebih kreatif di platform dalam aplikasi Instagram. Kini pengguna Instagram dapat menambahkan jenis media yang mereka unggah ke Instagram.

Selain mengkompilasi video atau foto, pengguna dapat mengunggah video ke Instagram TV (IGTV). Bagi Anda yang memiliki akun Instagram, perlu mengetahui fitur-fitur IGTV atau Instagram TV. Tidak hanya fitur di Instagram, IGTV juga tersedia di berbagai aplikasi dan bisa diunduh di iOS dan Android.

Tentu saja, di tengah tren video, IGTV bisa menjadi media tersendiri untuk menumbuhkan rejeki Anda di dunia kreatif. IGTV kini dikatakan memiliki potensi pertumbuhan yang sama dengan YouTube. IGTV adalah platform terintegrasi Instagram untuk mengunggah dan streaming video.

Platform tersebut, dapat memungkinkan pengguna mengunggah video dengan durasi lebih lama. Pengguna dapat mengunggah dan menonton video panjang secara bersamaan. Pada review kali ini, kami akan menjelaskan tentang Cara Membuat Channel Instagram IGTV. Berikut ulasan lengkapnya!!

Panduan Lengkap Cara Membuat Channel Instagram IGTV

Cara Membuat Channel Instagram IGTV

IGTV adalah salah satu fitur terbaru di Instagram. IGTV tidak hanya dapat diakses langsung melalui aplikasi Instagram, tetapi juga memiliki jenis aplikasi yang mandiri dan terpisah dari apk Instagram.

Setelah diluncurkan pada pertengahan 2018, IGTV dapat membuat konten, mampu menampung jutaan pengguna, dan merupakan penggemar video IGTV. IGTV awalnya diperkenalkan dengan adaptasi penanganan telepon (potret atau potret).

Oleh karena itu, video yang tersedia di IGTV akan berformat vertikal dan memenuhi layar ponsel tanpa harus memutar ponsel terlebih dahulu untuk memperbesar gambar. Bagi para pembuat konten seperti amatir, dan profesional, IGTV juga bisa menjadi tempat baru untuk Anda coba.

Sebelum dapat memulai, Anda harus membuat saluran di IGTV terlebih dahulu. Persiapannya juga sangat mudah, berikut ulasannya:

  1. IGTV adalah aplikasi mandiri. Jika ingin menggunakannya, pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu dari Apple App Store atau Google Play Store. Setelah masuk dengan akun Instagram Anda.
  2. Setelah Anda mengakses aplikasi IGTV, pengguna akan melihat ikon TV di kanan atas ikon berita langsung.
  3. Kemudian Anda pergi ke IGTV, tekan ikon roda gigi di sebelah kanan dan pilih “Buat Saluran” untuk mulai membuat saluran IGTV.
  4. Tonton deskripsi singkat tentang layanan IGTV. Cari tahu penjelasannya dan klik “Next”. Pengguna kembali ke jendela IGTV seperti sebelumnya. Pengguna melihat nama akun/saluran IGTV yang dibuat.
  5. Ketuk gambar akun di sebelah kanan untuk membuka profil IGTV Anda. Tekan ikon (+) di sebelah kanan dan kemudian mulai mengunggah video yang sudah disiapkan.
  6. Ketuk Berikutnya di sudut kanan atas. Masukkan judul dan deskripsi singkat video.
  7. Tekan “Kirim” untuk mengunggah video yang Anda inginkan.

Pada fitur ini dapat menjadi fitur andalan sebagai media kreatif. Ada cara kreatif untuk berbagi informasi positif. Misalnya dalam kasus YouTube, saluran tersebut dapat berupa saluran individu yang diharapkan dapat menayangkan iklan seperti YouTube di masa mendatang.

Syarat Untuk Mengupload Video Ke IGTV

IGTV adalah sebuah fungsi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video di Instagram dengan durasi hingga 60 menit dari web, dari smartphone maksimal 15 menit. Pengguna dapat membuat akun saluran mereka sendiri di fungsi IGTV.

IGTV juga ingin bersaing dengan YouTube karena keduanya telah menawarkan fungsionalitas kepada pengguna untuk membuat saluran dan video mereka sendiri. Bedanya dengan YouTube adalah YouTube memiliki durasi video yang dibatasi 15 menit di ponsel dan konten video yang ditampilkan di IGTV juga harus dalam format potret atau vertikal.

Sebelum Anda mengunggah video ke IGTV, Anda harus mengetahui aturan video IGTV saat ini, berikut beberapa persyaratan yang harus diketahui pengguna:

  • Durasi video antara 15 detik dan 10 menit. Hanya akun dengan pengikut besar dan terverifikasi yang dapat mengunggah video berdurasi hingga 60 menit, dengan rekaman yang diunggah melalui komputer.
  • Video yang hanya dapat diunggah dalam format MP4
  • Untuk unggahan video vertikal, Anda dapat mengunggah video dengan rasio tinggi lebar 9:16 atau video horizontal dengan rasio tinggi lebar 16:9 dengan resolusi minimum 720 piksel.
  • Ukuran file maksimum untuk video 10 menit adalah 650 MB. Sedangkan ukuran file maksimum untuk video di atas 10 menit, hingga 60 menit adalah 3,6 GB.
  • Kami akan merekomendasikan ukuran 420 piksel x 654 piksel (atau rasio 1: 1,55) untuk gambar sampul.

Jadi, jika Anda ingin mengunggah video ke IGTV, periksa dulu aturan di atas agar video yang Anda unggah mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak dianggap melanggar ketentuan dari Instagram.

Lihat Juga :

Penutup

Demikian penjelasan yang telah kami jelaskan kepada para pengguna Instagram. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda dan terima kasih!!