Cara Membuat Chat Group di Instagram

Posted on

Cara Membuat Chat Group di Instagram – Mungkin sebagian dari Anda masih bingung dengan kemampuan grup Instagram. Karena seperti yang kita ketahui sekarang, Instagram hanya menawarkan satu tempat bagi Anda yang suka berbagi video atau foto dengan pengguna Instagram lainnya.

Meski bisa chatting, Instagram hanya bisa mengirim pesan langsung ke pengguna yang diinginkan, atau bisa disebut DM atau pesan via Instagram.

Kini Instagram mempunyai fitur group chat yang memungkinkan Anda untuk berbagi foto, video, atau percakapan dengan orang-orang terdekat Anda misalnya teman, teman, keluarga, dan lainnya. Lalu bagaimana?

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberi tahu Anda cara membuat chat grup melalui aplikasi Instagram. Ini memungkinkan Anda untuk mengobrol dalam grup di Instagram tanpa menggunakan aplikasi tambahan apa pun. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Bagaimanakah Cara Membuat Chat Group di Instagram ?

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui bahwa Instagram mempunyai sebuah fitur untuk chatting di dalam aplikasi. Tidak berbicara dengan satu orang, tetapi bersama banyak orang.

Ya, Anda bisa membuat percakapan grup di aplikasi Instagram. Caranya sederhana dan tidak memakan banyak waktu serta bisa dilakukan oleh siapa saja. Bagaimana Anda melakukannya? Simak selengkapnya sebagai berikut!!

Bagaimanakah Cara Membuat Chat Group di Instagram ?

1. Membuat Grup di Instagram Melalui DM

Cara pertama membuat grup adalah dengan pesan langsung (DM). Seperti yang kita ketahui, pesan langsung ini hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan pribadi ke pengguna yang diinginkan.

Ternyata fitur ini bisa digunakan untuk membuat grup. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menyelesaikannya:

  • Buka aplikasi Instagram di smartphone Anda. Pastikan Instagram Anda sudah terupdate terakhir hingga fitur group chat ini tersedia.
  • Di halaman beranda, ketuk ikon menu untuk membuka DM.
  • Kemudian ketuk ikon Tambah untuk memulai percakapan baru.
    Ketuk ikon tambahkan
  • Pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke percakapan grup baru.
  • Kliki pada Kontak.
  • Kemudian masukkan pesan baru, misalnya “Grup New” dan kirim pesan dengan menekan Kirim.

Di sinilah Anda membuat nama grup baru di Instagram. Setelah selesai, ketuk tombol Selesai untuk menyimpan perubahan pada nama percakapan grup baru. Dengan itu, Anda telah berhasil membuat percakapan grup di Instagram.

Instagram Stories atau banyak orang menyebut instastory salah satu fitur Instagram yang memungkinkan Anda untuk mengunggah foto atau video ke akun IG Anda dan hanya berlaku selama 24 jam.

Jika Anda ingin Instastori Anda tetap dan tidak hilang hanya dalam 24 jam, Anda dapat pergi ke sorotan Instagram. Cara bisa membaca Cara Membuat Spotlight Instagram.

2. Cara Buat Grup di IG lewat Story

Instagram Story adalah fitur Instagram yang menarik dan multifungsi. Selain untuk mengabadikan momen live, Instastory juga bisa digunakan untuk berbagai hal menyenangkan.

Contohnya dalam membuat survei, bermain game dengan filter, dan membuat grup percakapan. Ya, selain fungsi DM, percakapan grup juga bisa dibuat dari Instastory. Caranya pun sangat sederhana. Simak penjelasan dan langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Setelah memulai aplikasi IG, masuk ke akun Anda.
  • Buat Instastory di Instagram Anda.
  • Klik tombol Kirim Ke.
  • Pilih simbol grup di sebelah kolom pencarian.
  • Masukkan nama grup di bidang Nama grup.
  • Pilih akun IG yang ingin ditambahkan ke grup.
  • Klik tombol Periksa. Tombol ini berada di pojok kanan atas.
  • Grup Anda dapat digunakan untuk mengirim pesan dan selesai.

Anda juga dapat melihat siapa yang ingin bergabung dalam percakapan. Anda melakukan ini dengan menggesekkan layar. Kemudian Anda dapat menyepakati siapa yang akan mengambil bagian dalam diskusi kelompok.

Mereka yang telah disetujui akan melihat grup di menu Pesan Instan. Kemudian bergabunglah dengan percakapan seperti yang Anda lakukan di grup bicara lainnya.

Manfaat Penting Fitur Chat Grup Terbaru di Story IG

Instagram baru-baru ini memperkenalkan fitur chat atau post chat di Stories, metode interaktif terbaru di platform media sosial Instagram.

Instagram memposting video singkat tentang cara menggunakan stiker percakapan dalam cerita. Yang harus Anda lakukan adalah memposting video atau foto yang Anda inginkan, lalu klik ikon stiker dan cari stiker “Percakapan”.

Manfaat-Penting-Fitur-Chat-Grup-Terbaru-di-Story-IG

Untuk membuat audiens Anda bergabung dengan Anda dan teman-teman lain, Anda dapat memberi judul percakapan. Setelah selesai, stiker akan berubah menjadi “Join Me”.

Fungsi ini juga dapat digunakan untuk diskusi 5-10 pengguna Instagram. Misalnya, Anda mengadakan acara tertentu di kota yang tidak didasarkan pada bisnis online.

1. Mengundang Ke Event Lokal

Apakah toko online Anda mengadakan acara khusus, konferensi, atau pertemuan dengan pelanggan? Anda dapat menggunakan stiker obrolan Instagram untuk bergabung dengan komunitas dan menjawab pertanyaan tentang acara tersebut.

Menggunakan stiker percakapan ini dapat menarik komunitas Anda. Mereka tidak hanya mempunyai minat yang sama karena mengikuti merek bisnis online mereka, tetapi juga berdasarkan lokasi.

2. Mencari Feedback Langsung

Mendapatkan umpan balik biasanya diperlukan jika Anda ingin mengetahui bagaimana produk Anda diterima oleh publik.

Akan tetapi, Anda mungkin merasa sangat sulit dan tidak memuaskan pada survei produk. Jika demikian, Anda dapat menggunakan fitur obrolan grup untuk mendapatkan umpan balik langsung dari audiens produk Anda.

Selain itu, Anda akan menerima kemenangan dari anggota yang dapat difilter dan hanya dapat menampung 32 anggota. Namun jika terlalu banyak, Anda bisa membuat grup yang beranggotakan 3-7 orang saja daripada menambah wawasan bisnis online audiens Anda.

3. Kelompokkan Target Market

Cara terbaik dalam menargetkan pengikut bisnis online adalah dengan mengundang mereka untuk mengobrol di daftar teman dekat Anda. Fitur teman dekat di Instagram Stories membantu Anda memilih grup teman atau pengikut saat berbagi cerita.

Hanya orang-orang di daftar teman dekat Anda yang dapat melihat cerita Anda dan itu akan disembunyikan dari semua pengikut lainnya.

Dengan mengobrol, Anda dapat membagikan formulir atau survei online tentang influencer dan audiens yang paling terlibat untuk menunjukkan minat.

4. Bagikan Kode Promo Eksklusif

Apakah Anda ingin tahu cara mudah mendapatkan pengikut Anda dan membuat mereka membeli produk Anda? Salah satunya adalah dengan menggunakan stiker percakapan di Instagram Stories.

Dengan fitur ini, Anda dapat mengundang pengikut Anda ke percakapan bisnis online eksklusif dan mengumumkan kapan pembagian kode voucher belanja akan dimulai.

Fitur obrolan ini tidak hanya akan menciptakan perasaan eksklusif, tetapi juga akan menjadi cara mudah untuk memberi penghargaan kepada pelanggan Anda yang paling setia.

Anda juga dapat membuat batasan khusus pada kode promosi, misalnya mereka hanya dapat digunakan sekali per pelanggan atau untuk jangka waktu tertentu.

Tapi itu mendorong pengikut Anda untuk berbelanja dan berbagi sedikit “rahasia” dengan beberapa orang yang dapat membeli produk Anda secara online.

Lihat Juga :

Demikianlah ulasan yang telah kami jelaskan tentang Cara Membuat Chat Group Instagram, semoga bermanfaat terima kasih!!