Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop / PC Tanpa Kabel

Posted on

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop – Bagi pengguna internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan wifi. Dan jika kita mendengar kata wifi, sedikit orang yang akan berpikir tentang internet. Wifi atau singkatan dari Wireless Fidelity adalah sebuah jaringan nirkabel yang dapat kita gunakan untuk mengakses internet.

Dengan menggunakan jaringan WiFi, kita tidak perlu repot lagi jika ingin menghubungkan komputer PC atau laptop kita ke jaringan internet. Jaringan WiFi juga memiliki jangkauan yang cukup luas tergantung dari router yang digunakan. Jadi menggunakan wifi akan lebih hemat dan juga praktis dibandingkan menggunakan kabel LAN.

Tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, wifi juga dapat digunakan untuk komunikasi data, seperti transfer file antar perangkat. Misalnya mentransfer data dari laptop ke komputer, menggunakan wifi akan lebih cepat dan praktis dibandingkan menggunakan kabel atau bluetooth.

Nah, berikut ini cara mudah menyambungkan WiFi ke laptop/pc tanpa kabel.

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop dengan Mudah

Cara Menyambungkan WiFi

Dengan begitu kita tidak akan terganggu jika kita lupa menyimpan kabel untuk transfer data. Selain itu, transfer data antar smartphone juga akan lebih cepat menggunakan wifi dibandingkan dengan menggunakan bluetooth. Apalagi jika file tersebut memiliki ukuran yang cukup besar.

Jika sudah berhasil mengaktifkan wifi, maka anda harus menghubungkan atau menghubungkan wifi yang ada di laptop anda ke jaringan WiFi yang tersedia agar laptop anda bisa terkoneksi dengan internet. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghubungkan wifi ke laptop Anda sehingga Anda dapat terhubung ke internet.

Lihat Juga: Cara Menyambungkan Laptop ke TV

1. Menghubungkan Wifi Lewat Task Bar

  • Pertama, klik ikon Wifi yang terletak di ujung kanan Taskbar.
  • Tab Nirkabel akan muncul.
  • Jika komputer atau laptop Anda tidak terhubung, maka ikon nirkabel akan memiliki kata-kata Koneksi tersedia dan muncul di atas artikel Tidak Terhubung.
  • Pada bagian bawah icon akan muncul beberapa pilihan hotspot yang dapat dijangkau oleh laptop atau komputer yang Anda gunakan.
  • Pilih hotspot yang ingin Anda sambungkan ke laptop Anda.
  • Kemudian akan muncul tombol Connect, klik tombol tersebut.
  • Jika wifi yang Anda gunakan memiliki kata sandi, kotak dialog Kunci Keamanan akan muncul.
  • Masukkan kata sandi wifi Anda di kotak yang disediakan lalu klik OK.
  • Tunggu beberapa saat hingga wifi di laptop Anda dapat terhubung.

2. Menghubungkan Wifi Lewat Control Panel

Jika Anda tidak menemukan ikon WiFi di Taskbar laptop yang Anda gunakan, maka Anda dapat terhubung ke WiFi melalui Control Panel dengan cara berikut.

  • Pertama, Anda dapat membuka menu Control Panel melalui Start Menu > Control Panel jika Anda menggunakan Windows 7. Bagi pengguna Windows 8 ke atas, Anda dapat membukanya melalui Pengaturan Charm Bar > Control Panel.
  • Jika berhasil terbuka maka Anda dapat memilih opsi Jaringan dan Internet > Jaringan dan Pusat Berbagi.
  • Kemudian pilih opsi Change Adapter Settings yang terletak di sebelah kiri pada tab Network and Sharing Center.
  • Kemudian nanti akan ada beberapa icon seperti icon LAN (Local Area Network) dan juga icon Wireless Network Connection.
  • Kemudian klik kanan pada ikon Koneksi Jaringan Nirkabel.
  • Kemudian nanti akan ada beberapa pilihan, anda bisa memilih Connect atau Disconnect untuk menampilkan jendela Wireless.
  • Jika jendela Wireless sudah terbuka, maka Anda dapat menemukan hotspot wifi yang dapat dijangkau oleh laptop yang Anda gunakan.
  • Jika wifi yang Anda gunakan memiliki kata sandi, kotak dialog Kunci Keamanan akan muncul.
  • Masukkan kata sandi wifi di bidang yang disediakan lalu klik OK.
  • Tunggu beberapa saat hingga wifi di laptop Anda dapat terhubung.

Selain bisa menggunakan kedua cara diatas untuk menghubungkan wifi di laptop anda ke internet, anda juga bisa mengakses jendela menu Wireless dengan menggunakan

kombinasi tombol Fn dan tombol fungsi (F12/F11/F6/F2) pada keyboard laptop yang Anda gunakan

Meskipun hotkey atau kombinasi digunakan untuk menghidupkan dan mematikan wifi, jika Anda mengaktifkan wifi menggunakan tombol ini maka secara otomatis akan membuka jendela menu Wireless.

Lihat Juga: Cara Memperbarui iOS

3. Gunakan Tombol Kombinasi Keyboard

Selain bisa menggunakan tombol wifi, kamu juga bisa mengaktifkan wifi dengan menggunakan tombol yang ada di keyboard di laptop kamu. Karena biasanya setiap laptop memiliki tombol Fn yang biasanya digunakan untuk mengaktifkan fungsi-fungsi tertentu.

Seperti pengaturan, mengatur tampilan layar saat terhubung ke proyektor, mengatur kecerahan layar, mengatur volume dan banyak lainnya termasuk mengaktifkan wifi. Karena disini menggunakan laptop Toshiba, maka untuk menyalakan wifi harus menekan tombol Fn+F12.

Untuk laptop merk lain biasanya ada yang harus menggunakan tombol Fn+F2 dan ada juga yang menggunakan tombol Fn+F11. Jadi setiap laptop memiliki cara yang berbeda tergantung dari laptop yang anda gunakan.

Untuk mengetahuinya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mencari tombol yang memiliki gambar atau sinyal wifi.

4. Gunakan Tombol Wifi

Untuk beberapa laptop, biasanya terdapat tombol khusus yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan wifi di laptop. Jika wifi di laptop Anda mati, coba ubah posisi sakelar yang dimatikan agar wifi di laptop Anda bisa digunakan. Biasanya akan ada lampu indikator jika wifi di laptop anda menyala.

Kemudian Anda dapat memeriksa apakah wifi laptop Anda hidup atau mati dengan melihat lampu indikator.

Cara Mengatasi Masalah dengan Wifi

Jika wifi di laptop anda tetap tidak bisa konek walaupun wifi sudah menyala, maka kemungkinan ada masalah dengan wifi di laptop yang anda gunakan atau router wifi penyedia hotspot. Untuk alasan ini, berikut adalah kemungkinan penyebab laptop Anda.

1. Driver Wifi Tidak Cocok

Saat melakukan install ulang laptop dengan versi windows 7 ke atas, kita tidak perlu lagi menginstal driver hardware yang mendukung komputer, seperti VGA, Sound, TouchPad, dll. Termasuk driver wifi. Tetapi ada kasus di mana driver default Windows rusak atau tidak kompatibel dengan perangkat keras yang diinstal.

Oleh karena itu kita perlu menginstall ulang driver wifi bawaan laptop yang biasanya sudah ada di CD saat membeli laptop.

2. Alamat IP Bermasalah

Terkadang alamat IP yang Anda gunakan saat menghubungkan ke jaringan WiFi dapat mengalami konflik atau masalah, sehingga wifi di laptop Anda tidak dapat terhubung ke internet dengan baik.

Oleh karena itu Anda perlu mengatur ulang Alamat IP dan Server DNS di laptop Anda dengan masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter > Wireless Network Connection > Properties.

Jika Anda belum familiar, maka Anda perlu berhati-hati dalam mengelola alamat IP ini.

3. Router Bermasalah

Jika Anda yakin laptop yang dapat digunakan baik-baik saja, maka masalah koneksi wifi mungkin disebabkan oleh fungsi router yang salah. Karena itu yang pasti, Anda bisa menghubungkan laptop Anda ke router WiFi lain atau terhubung ke hotspot di smartphone Anda.

Jika Anda dapat terhubung dengan baik ke berbagai router, dapat dipastikan bahwa router sebelumnya mengalami masalah.

4. Laptop Terkena Virus

Jika laptop yang Anda gunakan terinfeksi virus atau malware, dapat menyebabkan laptop yang Anda gunakan tidak terhubung ke wifi. Kemudian dari Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan Reset Winsock.

Cara membuka Run dengan mengklik tombol Windows + R lalu ketik cmd lalu klik OK. Jika Command Prompt sudah terbuka, ketik resetock reset lalu tekan Enter. Jika Anda telah me-restart laptop Anda.

Lihat Juga: Cara Mengganti Password Indihome

Demikian artikel kami tentang Cara Menghubungkan WiFi ke Laptop/PC Tanpa Kabel, semoga dapat membantu anda dalam menyambungkan WiFi ke Laptop/PC anda. Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.